Minggu, 02 September 2018

Fungsi dan Operator Logika Dalam Excel Part 1 (IF, OR, AND, NOT, AVERAGE, SUM, COUNTIF, MIN, MAX, LEFT, MID, RIGHT)


Sebelum kalian terjun ke dalam dunia perumusan Excel, kalian harus mengetahui istilah-istilah dan fungsi-fungsi  logika dalam Excel. Sekarang aku akan membahas istilah dan fungsi tersebut ^^ mari kita belajar bersama oke!

ISTILAH-ISTILAH YANG DIGUNAKAN DALAM EXCEL
·         > berarti “lebih besar”
·         <  berarti “lebih kecil”
·         =  berarti “sama dengan”
·         >= berarti “lebih besar atau sama dengan”
·         <= berarti “lebih kecil atau sama dengan”
·         <> berarti “tidak sama dengan”
·         + untuk tambah
·         – untuk kurang
·         * untuk perkalian
·         ^ untuk perpangkatan
·         / untuk pembagian

FUNGSI-FUNGSI LOGIKA DALAM EXCEL

  o   IF
Fungsi IF digunakan untuk menguji suatu pernyataan apakah ia memenuhi syarat atau tidak. Pada fungsi IF diperlukan tiga buah pernyataan, yaitu:
logical_test;  adalah logika/syarat untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
value_if_true; adalah nilai yang akan dihasilkan jika pernyataan pertama bernilai TRUE.
value_if_false; adalah nilai yang akan dihasilkan jika pernyataan pertama bernilai FALSE.
Perlu Diingat, penulisan value_if_true dan value_if_false harus diberikan tanda kutip dua (“) jika ingin memberikan nilai berupa teks. Umumnya pernyataan-pernyataan tersebut adalah teks.

Rumusnya: =IF(syarat/logical test;”nilai jika syarat terpenuhi”;”nilai jika syarat tidak terpenuhi”)

Contoh:
=IF(C5>6;”LULUS”;”TIDAK LULUS)
Artinya: jika cell C5 nilainya lebih dari 6 maka hasilnya adalah LULUS, selain itu TIDAK LULUS.

  o   IF Bertumpuk
Apabila syarat / logical test nya lebih dari 2 maka kita harus menggunakan IF bertumpuk.

Rumusnya: =IF(syarat/logical test pertama;”nilai jika syarat terpenuhi”;IF(syarat/logical test 2;”nilai jika syarat terpenuhi”;”nilai jika syarat tidak terpenuhi”))

*IF bisa ditambahkan sesuai dengan banyaknya logical test yang ingin dimasukkan

Contoh:
=IF(C5>6;”LULUS”;IF(C5>5;”DIPERTIMBANGKAN”;”TIDAK LULUS))
Artinya: jika cell C5 nilainya lebih dari 6 maka hasilnya adalah LULUS, jika C5 nilainya lebih dari 5 akan DIPERTIMBANGKAN, selain itu TIDAK LULUS.

Untuk tutorial penggunaan IF kalian bisa melihatnya di pos ”Tutorial Menggunakan Rumus Excel 1”

  o   OR
Fungsi OR digunakan untuk menguji suatu penyataan TRUE atau FALSE dengan beberapa opsi argumen. Fungsi ini memerlukan sedikitnya dua pilihan syarat yang bisa dipenuhi.
Syarat:                      
-           Nilai TRUE jika salah satu kondisi argumen dipenuhi.
-           Nilai FALSE jika tidak ada kondisi argumen dipenuhi.

Rumusnya: =OR(Pernyataan_logika1;Pernyataan_logika2;...)

Contoh:
=IF(OR(C6=”CAIR”;C6=”KENTAL”);”LIQUID”;”BUKAN LIQUID”)
Artinya: jika cell C6 bertuliskan CAIR atau KENTAL maka hasilnya adalah LIQUID, selain itu hasilnya adalah BUKAN LIQUID.

  o   AND
Fungsi AND digunakan untuk menguji beberapa nilai atau kondisi sekaligus, sehingga memerlukan sedikitnya dua buah pernyataan (boleh lebih) berupa logika untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE.
Syarat:
-           Nilai TRUE jika semua kondisi argumen dipenuhi.
-           Nilai FALSE jika salah satu kondisi argumen tidak memenuhi.

Rumusnya: =AND(Pernyataan _logika1;Pernyataan_logika2;...)

Contoh:
=IF(AND(C6=”PO”;C7=”SUDAH BAYAR”);”PESANAN DIPROSES”;”PESANAN TIDAK DIPROSES”)
Artinya: jika cell C6 bertuliskan PO dan C7 bertuliskan SUDAH BAYAR maka hasilnya adalah PESANAN DIPROSES, jika hanya salah satu atau tidak ada yang terpenuhi maka PESANAN TIDAK DIPROSES.

  o   NOT
Fungsi NOT digunakan untuk membalikkan suatu nilai pernyataan. Pernyataan yang diperlukan adalah pernyataan yang memiliki nilai TRUE atau FALSE.
Syarat:
-           Nilai FALSE akan dihasilkan apabila pernyataan itu dipenuhi.
-           Nilai TRUE akan dihasilkan apabila pernyataan itu tidak terpenuhi.

Rumusnya : =NOT(pernyataan logika)

Contoh:            =NOT(80=69) maka jawaban yang dihasilkan adalah TRUE.
             =NOT(80<>75) maka jawaban yang dihasilkan adalah FALSE.

  o   AVERAGE
Untuk menghitung nilai rata-rata dari cell yang berurutan.

Rumus: =AVERAGE(cell data pertama:cell data terakhir)

Contoh:
=AVERAGE(C6:C13)
Artinya: menghitung nilai rata-rata dari cell C6 sampai C13

  o   SUM
Untuk menghitung jumlah nilai dari cell yang berurutan dan banyak (lebih dari 2)

Rumus: =SUM(cell data pertama:cell data terakhir)

Contoh:
=SUM(C6:C13)
Artinya: menghitung jumlah nilai dari cell C6 sampai C13

  o   COUNTIF
Untuk menghitung jumlah cell yang memenuhi sebuah kriteria.

Rumus: =COUNTIF(cell data pertama:cell data terakhir;”kriteria”)

Contoh:
=COUNTIF(C1:C20;”YES”)
Artinya: menghitung banyaknya cell yang memiliki kata YES dari cell C1 sampai C20



o   MIN
Digunakan untuk mencari nilai terkecil/minimal.


Rumus: =MIN(cell data pertama:cell data terakhir)

Contoh:

=MIN(C3:C12)
Artinya: mencari nilai terkecil dari cell C3 sampai C12.


o   MAX

Digunakan untuk mencari nilai terbesar/maksimal.

Rumus: =MAX(cell data pertama:cell data terakhir)

Contoh:

=MAX(C3:C12)
Artinya: mencari nilai terbesar dari cell C3 sampai C12.

  o   LEFT, MID, dan RIGHT
Untuk mengambil huruf/angka tertentu dari nilai suatu cell. LEFT untuk posisi dari ujung kiri, RIGHT untuk posisi dari ujung kanan, dan MID untuk posisi tengah atau yang tidak benar-benar dari ujung kiri / kanan.

Rumus:
=LEFT(cell data yang diolah;banyaknya huruf/angka yang akan diambil dari kiri)
=RIGHT(cell data yang diolah;banyaknya huruf/angka yang akan diambil dari kanan)
=MID(cell data yang diolah;urutan huruf/angka yang diolah(dipakai apabila tidak pas di tengah);banyaknya huruf/angka yang akan diambil dari urutan ke-sekian terbut)

Contoh:
=LEFT(C6;3)
Artinya: mengambil 3 huruf/angka pada cell C6 dari ujung kiri. Jika pada cell C6 bertuliskan ALOHAKAWAN, maka hasilnya adalah ALO.

=MID(C6;3;4)
Artinya: mengambil 4 huruf/angka pada cell C6 dari huruf/angka ke-3. Jika pada cell C6 bertuliskan ALOHAKAWAN, maka hasilnya adalah OHAK.

=MID(C6;2)
Artinya: mengambil 2 huruf/angka pada cell C6 dari tengah. Jika pada cell C6 bertuliskan ALOHAKAWAN, maka hasilnya adalah AK.

=RIGHT(C6;4)
Artinya: mengambil 4 huruf/angka pada cell C6 dari ujung kanan. Jika pada cell C6 bertuliskan ALOHAKAWAN, maka hasilnya adalah AWAN.

SEKIAN DAN SEMOGA BERMANFAAT ^^

1 komentar: